menu halaman

Senin, 01 November 2010

Pengertian CSS (Cascading Style Sheets)

Mungkin masih ada yang masih bingung ama yang satu ini, sama sih saya juga sempet bingung dulu dulu di jelasin di kelas cuma dikit alhasil cari cari sendiri dah kang google pun menjadi tumpuan segala pertanyaan saya ahaha ternyata ga cukup juga dari sana tuh, jadinya kudu beli buku dah ^^

langsung ke pembahasan, CSS (Cascading Style Sheets) adalah salah satu bahasa pemograman desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang di tulis dengan menggunakan bahasa penanda (markup languange). Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTMl dan XHTML, tetapi sekarang bahasa pemograman css bisa diapliaksikan untuk segala dokumen XML, termasuk SVG dan XUL.

CSS dibuat untuk memisahakan konten utama (biasanya dibuat dengan menggunakan bahasa HTML atau sejenisnya) dengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna dan font. Pemisahan ini dapat meningkatkan daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi dari sebuah karakteristik dan sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi banyak halaman utnuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada layout desain web (layout tanpa tabel).

CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk di tampilkan dalam berbagai style dengan menggunakan metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on screen, in-print, by voice, dan lain-lain. Sementara itu, pemilik konten web bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS, pembaca bisa menggunakan dengan style sheet yang berbeda, mungkin dalam komputer mereka sendiri.

Tujuan utama CSS diciptakan adalah untuk membedakan konten dari dokumen dan tampilan dari dokumen, dengan itu pembuatan ataupun pemograman ulang web akan lebih mudah dilakukan. Hal yang termasuk dalam design web diantaranya adalah warna, ukuran dan formatting. Dengan adanya CSS, konten dan desain web akan mudah dibedakan, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu dalam suatu halaman web, sehingga akan memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, sehingga membuat waaktu dalam membuat web jauh lebih cepat.

Pengertian CSS yang telah saya jelaskan tadi bersumber dari buku : 
Judul : Panduan Lengkap Menguasai Pemograman CSS
Pengarang : Komang Wismakarma
Penerbit : Lokomedia



2 komentar: